Penyebab penyakit kanker

Penyebab penyakit kanker menurut National Cancer Center Rumah Sakit Dharmais jakarta tidak di ketahui secara pasti. Karena penyebab kanker merupakan gabungan dari beberapa faktor baik genetik maupun lingkungan. Namun menurut National Cancer Dharmais, ada beberapa faktor yang di duga bisa meningkatkan seseorang terkena penyakit kanker. 

Penyebab penyakit kanker



Adapun faktor penyebab penyakit kanker tersebut adalah:


Faktor Keturunan

Faktor genetik akan menyebabkan beberapa keluarga akan memiliki resiko terhadap penyakit kanker tertentu bila di bandingkan dengan keluarga yang tidak memiliki riwayat penyakit kanker.


Faktor lingkungan

Beberapa faktor lingkungan yang dapat menyebabkan penyakit kanker yaitu merokok, Sinar Ultraviolet, dan radiasi ionisasi. Merokok adalah kebiasaan buruk yang dapat meningkatkan kanker mulut, kanker paru-paru, laring (pita suara), juga kandung kemih. Sementara paparan sinar ultraviolet serta radiasi ionisasi (merupakan karsinogenik) di gunakan dalam sinar rontgen di hasilkam dari pembangkit listrik tenaga nuklir dan ledakan bom atom yang bisa menjangkau jarak yang sangat jauh.

Faktor makanan

Faktor lain penyebab penyakit kanker juga bisa disebabkan oleh makanan yang berbahan kimia. Terutama resiko terkena penyakit kanker pada saluran pencernaan.

Serangan virus

Virus-virus yang dapat memicu penyakit kanker yaitu Virus Papilloma, Virus Sitomegalo, Virus Hepatitis B 4, Virus Epstein-Bar 5, Virus Retro pada manusia misalnya Virus HIV yang menyebabkan limfoma dan kanker darah.

Infeksi

Parasit Schistosoma (bilharzia) salah satu penyebab kanker kandung kemih karena adanya iritasi menahun pada kandung kemih.


Kebiasaan buruk manusia

Kebiasaan yang di lakukan seseorang yang dapat mengakibatkan resiko terkena penyakit kanker yaitu merokok serta terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak, daging yang di awetkan serta minum minuman yang mengandung alkohol. Selain itu prrilaku seksual yang dilakukan pada usia dini dengan berganti-ganti pasangan juga dapat memicu penyakit kanker.


Gangguan keseimbangan hormonal

Salah satu hormon yang dapat memicu dan merangsang pertumbuhan sel kanker yaitu hormon estrogen, sedangkan kebalikannya yaitu hormon progesteron yang dapat melindungi tubuh dari pertumbuhan sel yang berlebihan. Ada kecenderungan bahwa seseorang dengan kelebihan hormon estrogen dan kekurangan hormon progesteron dapat menyebabkan meningkatkan resiko kanker payudara, kanker leher rahim, kanker rahim, kanker prostat dan buah zakar pada pria.


Faktor kejiwaan

Stres berat yang di alami seseorang dapat menyebabkan gangguan keseimbangan seluler tubuh. Keadaan tegang yang terus menerus akan dapat mempengaruhi sel, yang akan menjadikan sel hiperaktif dan berubah menjadi ganas sehingga menyebabkan kanker.

Radikal bebas

Radikal bebas adalah suatu atom, gugus atom atau molekul yang memiliki elektron bebas yang tidak berpasangan di lingkaran luarnya. Adapun sumber-sumber radikal bebas di antaranya:
  1. Radikal bebas yang terbentuk sebagai produk sampingan dari proses matabolisme
  2. Radikal bebas yang berasal dari racun-racun kimiawi dari makanan, minuman, polusi udara, dan sinar ultraviolet
  3. Radikal bebas yang berasal dari pada waktu kita makan berlebihan (berdampak pada proses metabolisme), maupun stres berlebihan baik stres secara fisik, psikis dan biologis.

Bebebrapa faktor di atas menurut penelitian merupakan hal yang paling beresiko terhadap munculnnya sel kanker. Oleh karena itu agar kita terhindar dari penyakit kanker, sebaiknya adalah dengan melakukan pola hidup sehat dengan meninggalkan kebiasaan buruk yang dapat memicu penyakit tersebut. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab penyakit kanker"

Post a Comment