Cara mencegah flek hitam

Memiliki kulit yang indah bebas dari bercak hitam, baik di wajah atau bagian tubuh lainnya tentunya menjadi sebuah idaman bagi setiap orang khusunya kaum perempuan. Namun terkadang karena perawatan kulit yang salah dan juga faktor lain, bisa menyebabkan timbulnya flek hitam atau melanin. Beberapa faktor penyebabnya antara lain di karenakan terkena paparan sinar matahri langsung, hormon, penyakit tertentu atau di sebabkan oleh penggunaan obat tertentu.

Cara mencegah flek hitam

Untuk mencegah timbulnya flek hitam di wajah serta kulit tubuh lainnya, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan di antaranya yaitu:

Melindungi dari sinar matahari langsung

Salah satu faktor penyebab terjadinya flek pada wajah kita yaitu paparan sinar matahari. Oleh karena itu jika anda sedang ber aktivitas di luar rumah atau bepergian, lindungi tubuh anda dengan menggunakan payung, topi, dan menggunakan sunblock untuk mengurangi paparan sinar ultraviolet.

Gunakan tabir surya

Penggunaan tabir surya secara rutin dan teratur pada pagi maupun siang hari walaupun anda beraktifitas dalam ruangan akan membantu anda terhindar dari timbulnya flek hitam. Karena tabir surya dapat mencegah stimulasi sinar matahari pada kulit, dan mencegah pembentukan melanin berlebih. Aplikasikan tabur surya setiap 3 hingga 4 jam sekali pada kulit anda. Karena proteksinya akan menurun siring waktu.

Perawatan kulit

Untuk menjaga kulit terhindar dari flek hitam melanin, pilihlah produk perawatan kulit yang lembut untuk menjaga kulit anda agar selalu tampak sehat. Penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung alpha hydroxyi acid akan dapat membantu anda menghasilkan warna kulit yang lebih cerah merata, namun perlu diperhatikan terkadang saat ini juga dapat menyebabkan iritasi pada beberapa orang. Selain itu hindari pula memencet atau menggaruk jerawat agar flek pada wajah bertambah banyak.

Gaya hidup sehat

Hal terpenting untuk mencegah timbulnya flek pada wajah dan kulit tubuh lainnya yaitu dengan mencukupi hidrasi tubuh, makan makanan yang bergizi, hindari stress yang berlebih, serta cukup istirahat. Apabila di perlukan, konsumsilah suplemen vitamin dan antioksidan. Antioksidan di butuhkan tubuh untuk mencegah radikal bebas akibat polusi maupun sinar matahari, sehingga dapat mengurangi resiko pigmentasi.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah timbulnya flek pada wajah maupun daerah kulit lain yang perlu anda ketahui. Namun apabila keluhan flek pada kulit belum teratasi walaupun anda sudah melakukan cara di atas, ada baiknya anda segera konsultasikan dengan dokter anda. Biasanya dokter akan memberikan produk perawatan kulit, serta melakukan beberapa prosedur lain seperti pengelupasan kimiawi, atau laser untuk membantu anda mengatasi masalah agar flek anda tidak makin memburuk.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara mencegah flek hitam"

Post a Comment