Hati-hati untuk penderita diabetes tidak boleh sembarang konsumsi buah

Hati-hati untuk penderita diabetes tidak boleh sembarang konsumsi buah - Buah merupakan makanan yang menyehatkan karena didalamnya mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, meski begitu bagi pengidap diabetes tidak semua buah boleh untuk dikonsumsi.

Hati-hati untuk penderita diabetes tidak boleh sembarang konsumsi buah

Diabetes ditandai dengan kadar gula darah yang cepat naik dan juga cepat turun. Oleh karenanya sangat penting untuk menjaga kestabilan gula darah melalui pola makan yang sehat dan tepat.
Pengidap penyakit diabetes yang bijak tentu akan mempelajari makanan yang menyebabkan gula darah menjadi tinggi dan akan berusaha menghindarinya. Walaupun pengidap Diabetes dapat mengkonsumsi segala makanan, tetapi penting mengawasi jumlah serta membatasi gula dan juga lemak.

Salah satu bahan makanan yang direkomendasikan untuk menjaga kestabilan gula darah yaitu makanan yang banyak mengandung serat termasuk didalamnya buah. Namun pilihlah buah yang kadar indeks glikemik nya rendah atau yang tidak terlalu cepat menaikkan gula darah.

Jenis buah dengan kadar indeks glikemik rendah biasanya adalah jenis buah yang tidak manis rasanya. Buah musiman seperti melon, pisang, manggis, mangga, sawo, indeks glikemik nya lumayan tinggi. Sedangkan orang diabetes memang tidak diperbolehkan makan buah yang terlalu manis. Sedangkan buah dengan kadar indeks glikemik rendah di antaranya yaitu apel hijau, kiwi buah berry, lemon, atau jeruk bali.

Buah sebaiknya dikonsumsi dalam bentuk segar atau pun di blender agar kita dapat tetap mendapatkan seratnya karena untuk sehat serat sangat dibutuhkan. Selain menyehatkan pencernaan, serat juga sangat bermanfaat untuk pengeluaran insulin.

Mengkonsumsi serat dari sayur dan buah-buahan ini seharusnya juga dilakukan saat sahur bagi orang muslim yang sedang berpuasa di bulan Ramadhan. Tujuannya adalah agar perut kenyang lebih lama, serta kadar kadar gula darah tidak cepat turun. Sebaliknya saat berpuasa kita dianjurkan untuk meminum jus buah karena cepat menaikkan kadar gula darah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hati-hati untuk penderita diabetes tidak boleh sembarang konsumsi buah"

Post a Comment