Inilah tanda-tanda awal kehamilan

Kehamilan merupakan satu hal yang sangat di nantikan oleh seorang wanita yang telah berkeluarga, yang ingin memiliki buah hati hasil perkawinannya. Apabila terjadi kehamilan, maka ini menandakan bahwa pasangan suami istri memiliki tingkat kesuburan yang baik, serta tidak memiliki masalah kesehatan pada masing-masing pasangan. Dengan hadirnya sang buah hati di tengah-tengah anda, maka keluarga akan terasa semakin lengkap.

Inilah tanda-tanda awal kehamilan

Akan tetapi banyak dari pasangan muda yang tidak mengetahui dan menyadari apabila istri atau dirinya sedang mengalami awal kehamilan. Dari kebanyakan istri pasangan muda tidak menyadari bahkan tidak tahu kalau dirinya sedang hamil.

Dalam beberapa kasus di Indonesia, ketidaktahuan dalam mengetahui kehamilan awal berakibat terjadinya keguguran. Ini di karenakan oleh aktivitas yang di lakukan, serta konsumsi makanan yang seharusnya tidak boleh di konsumsi pada saat sedang hamil. Dan banyak juga kasus, banyak orang yang stress karena menganggap dirinya hamil, namun kenyataannya tidak mengalami kehamilan yang mereka inginkan.

Kebanyakan perempuan hanya melihat dari satu sisi saja untuk menentukan dirinya hamil atau tidak, yaitu dari tanda-tanda terlambat datang bulan. Walaupun salah satu tanda kehamilan bisa dilihat dari terlambatnya datang bulan, namun hal ini juga bukan satu-satunya untuk menentukan bahwa seseorang perempuan mengalami kehamilan. Karena terlambat datang bulan bukan hanya di sebabkan oleh adanya kehamilan awal saja, namun bisa di sebabkan oleh beberapa faktor antara lain dari makanan, kelelahan, stres, atau gangguan hormonal, dan masih banyak lagi.

Bagi anda para pasangan muda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang tanda-tanda kehamilan awal, berikut beberapa tanda yang bisa menjadi acuan bahwa seorang ibu sedang hamil.

Payudara membesar

Jika seorang wanita mengalami kehamilan, makan payudaranya akan membesar biarpun tidak begitu nampak signifikan. Hal ini di sebabkan oleh hormon esterogen dan hormon progesteron. Selain membesar, payudara juga akan terasa lebih lembut. Namun hal ini juga akan menyebabkan seorang wanita akan merasakan perasaan sensitif yang lebih tinggi di bandingkan dengan keadaan normal. Selain itu, bagian puting susu juga mengalami pembesaran serta warnanya yang mulai berubah menjadi semakin gelap dari sebelumnya. Terkadang juga akan di rasakan gatal pada daerah puting yang di akibatkan adanya pembuluh darah vena yang menyebabkan penegangan pada payudara.

Sering merasa mual dan muntah

Banyak dari wanita yang sedang hamil muda mengalami masalah yang satu ini. Ini akibat dari meningkatnya hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin) di aliran darah yang tiba-tiba. Peningkatan hormon ini juga terjadi pada saluran air kencing. Peningkatan hormon ini juga mengakibatkan efek perih pada lapisan perut yang juga menimbulkan rasa mual. Memasuki trimester kedua, biasanya rasa mual akan menghilang dengan sendirinya. Maka, apabila rasa mual belum juga hilang pada trimester kedua, sebaiknya konsulatsikan dengan dokter kandungan anda.

Sering buang air kecil

Setelah mengalami terlambat datang bulan selama 2 minggu, rasa ingin buang air kecil akan menjadi lebih sering dari biasanya. Hal ini di sebabkan oleh mulai bertumbuhnya janin pada rahim yang menekan serta adanya peningkatan sirkulasi darah. Sehingga kandung kemih akan cepat di penuhi urine. Dan apabila anda yang sedang hamil merasakan hal itu, janganlah menahan untuk buang air kecil, serta mencukupi asupan cairan ke dalam tubuh untuk menghindari dehidrasi.

Muncul flek

Flek atau bercak darah akan muncul sebelum datang menstruasi, biasanya akan terjadi antara 8-10 hari setelah terjadi evulasi. Bercak darah atau flek ini disebabkan oleh adanya implamasi (Implantation bleending) yaitu menempelnya embrio pada dinding rahim. Banyak orang beranggapan bahwa flek yang keluar pada saat seperti ini di artikan sebagai flek datang bulan. Selain flek yang keluar, biasanya juga akan di sertai dengan kram perut. Kram perut yang di alami apabila sedang hamil, akan dirasakan secara teratur. Dan pada seperti rasa mual, kram perut juga akan menghilang pada trimester kedua saat letak uterus posisinya berada di tengah, tersangga pinggul.

Sering mengalami pusing

Gangguan lain yang dirasakan pada ibu yang sedang hamil muda juga akan merasakan pusing yang di akibatkan oleh rasa lelah, mual, juga tekanan darah yang rendah. Perasaan tegang dan depresi pada saat hamil muda akan menyebabkan emosional tinggi. Sehingga akan meningkatkan pasokan darah ke seluruh tubuh akan meningkat, di mana hal ini bisa menyebabkan rasa pusing apabila ibu hamil berubah posisi.

Naiknya temperatur basal

Jika seorang ibu mengalami kehamilan, maka akan mengalami suhu basal yang meningkat. Kondisi seperti ini akan akan di alami dan bertahan selama proses kehamilan, dan baru turun setelah terjadinya ovulasi.

Sembelit

Akibat peningkatan hormon progesterone, biasanya ibu akan merasakan sembelit. Karena hormon tersebut selain mengakibatkan otot rahim menjadi kendur, juga berdampak mengendorkan otot-otot pada dinding usus, sehingga menyebabkan sembelit. Namun biarpun begitu,  masih ada keuntungan yang di dapatkan dari dampak sembelit yaitu penyerapan nutrisi yang lebih baik bagi ibu hamil.

Mudah lelah dan kantuk yang berlebihan

Kehamilan akan membuat kinerja organ vital di dalam tubuh akan meningkat seperti ginjal, paru-paru, jantung serta organ lain. Karena organ tersebut tidak hanya mencukupi ibu saja namun juga janin yang ada di dalam kandungan, maka kebanyakan dari ibu hamil akan merasakan akan cepat merasa lelah dan juga mengantuk. Semakin banyak usia kandungan, juga akan memberikan beban tersendiri bagi ibu hamil.


Itulah beberapa tanda ibu hamil yang perlu anda ketahui. Namun tanda-tanda kehamilan tersebut sifatnya pribadi dan tidak semua perempuan pada kehamilan awal akan mengalami tanda-tanda di atas. Dari kebanyakan ibu hamil akan mengalami salah satu atau lebih tanda-tanda yang disebutkan di atas tadi. Namun ada juga beberapa ibu hamil yang tidak mengalami hal-hal tersebut. Apabila anda masih ragu dengan kehamilan yang anda alami, anda bisa gunakan alat tes kehamilan atau datang langsung ke dokter kandungan guna mengecek kehamilan anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah tanda-tanda awal kehamilan"

Post a Comment