Penyakit kanker serta penyebabnya

Penyakit kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat ditakuti oleh banyak orang di dunia ini karena dapat menyebabkan kematian pada seseorang. Hampir semua orang yang mengidap penyakit kanker kebanyakan nyawanya tidak terselamatkan. Menurut para dokter ahli penyakit kanker menyatakan bahwa, penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan nomor paling wahid di dunia ini, dan saat ini belum ada obat yang benar-benar efektif dan ampuh untuk menyembuhkan penyakit kanker.

Penyakit kanker serta penyebabnya

Penyebab penyakit kanker yaitu karena adanya pertumbuhan sel-sel di bagian jaringan tubuh yang tidak berfungsi dengan semestinya. Sel-sel kanker berkembang biak dengan sangat cepat dan semakin lama akan membelah diri, kemudian sel-sel kanker tersebut masuk ke dalam jaringan yang ada di sekitarnya dan akan terus menerus menyebar ke bagian jaringan ikat darah, hingga sampai menyerang bagian organ tubuh yang lain serta menyerang saraf tulang belakang.

Ada tiga faktor yang dapat menyebabkan penyakit kanker yaitu:
  • Virus human papilloma merupakan salah satu virus yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit kanker serviks. Selain itu ada virus hepatitis B dan virus hepatitis C di mana kedua virus tersebut juga dapat menyebabkan terjadi penyakit kanker hati.
  • Bakteri atau parasit schistosoma bilharzia yang terdapat dalam bagian bawah perut dapat menyebabkan terjadinya penyakit kanker kandung kemih. Infeksi yang disebabkan dari bakteri clonorchis sinensis yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit kanker pankreas serta saluran pada empedu.
  • Bahan-bahan kimia yang terdapat dalam kandungan karsinogenik yang berupa basbestos, alkohol serta rokok. Namun bukan hanya itu saja yang dapat menyebabkan penyakit kanker, akan tetapi beberapa makanan yang diproses secara berlebihan akan dapat menyebabkan timbulnya hal-hal yang dapat menjadi penyakit kanker.


Pada keadaan yang normal, sel tubuh hanya dapat melakukan pembelahan diri apabila ada sel-sel yang sudah mati dan rusak. Namun berbeda dengan sel kanker, dimana ia akan semakin membelah diri meskipun tidak dibutuhkan. Hal inilah yang menyebabkan penyakit kanker timbul karena diakibatkan oleh penumpukan sel-sel baru yang akan dapat merusak jaringan tubuh yang normal di dalam tubuh. Sel-sel baru tersebut juga bisa mengganggu bagian organ lainnya yang ditempati. Dan inilah yang biasa disebut dengan tumor ganas.

Kanker dan tumor merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya. Sedangkan untuk membedakan antara keduanya penyakit tersebut yaitu, apabila ada benjolan yang terdapat di dalam tubuh atau di bagian luar tubuh sering disebut dengan tumor. Tumor sendiri terdiri dari dua macam yaitu tumor jinak dan juga tumor ganas. Tumor jinak ini tidak akan membahayakan tubuh kita, karena tumor yang ada dalam tubuh tidak tumbuh membesar dan tidak dapat menyebar ke jaringan luar. Sedangkan tumor ganas merupakan jenis penyakit kanker yang telah tumbuh dengan sangat cepat dan tidak dapat dikendalikan dengan baik dan akan masuk serta merusak jaringan tubuh yang lain.

Menurut seorang ahli kanker menyatakan bahwa, ada tiga proses sel normal yang dapat berubah menjadi sel ganas dan menyebabkan terjadinya penyakit kanker yaitu:
  • Proses pertama di sebut prakasa, yaitu berupa tahapan yang mempunyai ciri-ciri akan terjadinya sebuah perubahan pada gen yang asalnya dari sel normal dan berubah menjadi sel kanker.
  • Proses kedua yaitu promosi, merupakan salah satu proses terjadinya perkembangan rumt yang akan dapat memicu sel-sel abnormal  hidup dan semakin lama semakin membelah diri.
  • Proses ketiga yaitu proses terjadinya pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak dapat dikendalikan dengan baik, sehingga ukuran tumor akan semakin membesar dan sel-sel tersebut akan dapat menyebar ke bagian atau jaringan organ tubuh yang lain.



Untuk menghindari penyakit kanker, sebaiknya kita menerapkan pola hidup sehat diantaranya dengan melakukan olah raga, menjaga pola makan, menjaga pola hidup, serta deteksi dini dengan konsultasi ke dokter apabila ada keluhan sakit pada diri anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyakit kanker serta penyebabnya"

Post a Comment