Obat sariawan di lidah yang manjur dan efektif

Pernahkah anda mengalami sakit sariawan?. Apabila pernah anda pasti tahu rasanya orang yang sedang terkena sariawan di mulutnya. Terlebih bagi yang mengalami sakit sariawan hingga ke lidah. Rasanya akan sangat tidak nyaman dan sangat mengganggu sekali. Makan apapun tidak akan berselera karena akan merasakan perih pada saat mengunyah atau menelan makanan. Apabila hal ini terjadi pada anda tentunya akan sangat mengganggu sekali. Tubuh menjadi lemas akibat asupan makanan yang kurang akibat berkurangnya nafsu makan yang di akibatkan oleh sariawan lidah.

Obat sariawan di lidah yang manjur dan efektif

Sariawan merupakan infeksi yang di sebabkan oleh tumbuhnya jamur cabdida albicans pada bagian lidah. Selain di lidah sariawan juga biasa menyerang bagian mulut lainnya seperti pipi bagian dalam, bibir, gusi dan kerongkongan. Walaupun sariawan bukan suatu penyakit yang berbahaya, namun apabila di biarkan tidak di obati maka sembuhnya akan lama sehingga akan sangat mengganggu terutama bila sedang makan atau minum.

Obat alami untuk penyakit sariawan

Untuk menyembuhkan penyakit sariawan di lidah, di bibir maupun bagian mulut lainnya, ada beberapa obat alami yang bisa di gunakan untuk mengobati sariawan. Adapun obat alami untuk menyembuhkan sariawan yang ampuh antara lain adalah:

Kunyit
Untuk mengobati sariawan di lidah anda cukup mengoleskan kunyit ke lidah anda. Caranya cukup mudah, anda cukup memarut kunyit atau bisa juga di blender lalu balurkan pada lidah yang sedang terkena sariawan. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur hingga sariawan di lidah anda sembuh. Cara ini merupakan cara yang paling efektif dan juga aman karena tidak menimbulkan efek samping.

Minyak kelapa
Cara lain untuk mengobati sariawan yaitu dengan menggunakan minyak kelapa. Untuk menggunakan minyak kelapa sebagai obat sariawan, anda harus mencampurnya dengan madu murni. Setelah kedua bahan tersebut tercampur, anda oleskan ke bagian mulut yang sedang terkena sariawan. Lakukan pengobatan dengan campuran bahan tersebut selama sariawan belum sembuh.

Bawang putih
Bahan alami selanjutnya yang bisa di gunakan untuk obat sariawan yaitu bawang putih. Caranya anda cukup mengupas dan memotong satu siung bawang putih. Kemudian oleskan potongan bawang putih tersebut ke bagian mulut yang terkena sariawan. Lakukan cara ini dengan rutin hingga sariawan di mulut anda benar-benar hilang.

Buah pepaya
Selain sebagai buah untuk memenuhi kebutuhan vitamin bagi tubuh, buah pepaya juga bisa di gunakan sebagai obat untuk menyembuhkan sariawan. Caranya anda cukup memotong buah pepaya, lalu oleskan potongan buah pepaya tersebut ke bagian mulut yang terkena sariawan.

Madu
Madu merupakan obat alami yang sangat baik untuk menyembuhkan sariawan. Caranya anda cukup mengoleskan madu ke bagian sariawan yang terdapat di bagian mulut anda. Lakukan pengobatan dengan madu hingga sariawan di mulut anda sembuh.

Buah tomat
Selain sebagai sayur, tomat juga terbukti ampuh untuk mengusir sariawan yang ada di mulut anda. Untuk pengobatan menggunakan tomat, anda bisa langsung memakan tomat dan bisa juga di buat jus.

Baking soda
Salah satu bahan pembuat kue ini ternyata juga manjur untuk mengobati sariawan. Kandungan yang terdapat dalam baking soda dapat membunuh kuman penyebab jerawat. Caranya, anda cukup mengoleskan ke bagian mulut yang sedang terkena sariawan. Namun anda juga bisa mencampurkan baking soda dengan air untuk di jadikan obat kumur.

Multivitamin
Selain menggunakan obat-obatan alami yang sudah di sebutkan di atas, mencukupi kebutuhan vitamin B dan vitamin C juga akan mempercepat proses penyembuhan sariawan di mulut anda. Konsumsilah multivitamin secara teratur agar sariawan anda cepat sembuh.


Perawatan untuk mulut yang terkena sariawan

Bukan hanya mengobati sariawan, namun apabila anda sedang terserang penyakit ini, anda juga di anjurkan untuk merawat mulut untuk mengurangi rasa sakit yang di timbulkan oleh sariawan. Sehingga rasa sakit bisa berkurang dan proses penyembuhan pun juga akan lebih cepat. Hal-hal yang harus di lakukan dalam masa perawatan yaitu:

Menyikat gigi
Pada saat terkena sariawan di lidah dan bagian mulut, jaga kebersihan mulut agar infeksi jamur tidak berkembang dengan menyikat gigi secara rutin. Apabila perlu gunakan dental floss 1 kali sehari untuk menjaga kebersihan mulut anda.

Makan makanan yang lunak
Bagi penderita sariawan, untuk memakan makanan pasti akan terasa perih. Oleh karena itu, pilihlah makanan yang lunak seperti bubur atau jus.

Konsumsi buah
Perbanyaklah mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C. Jika susah untuk mengunyah, anda bisa membuat jus dari buah yang anda suka.

Hindari obat kumur
Apabila anda sedang mengalami sariawan, hindari penggunaan obat kumur untuk menghindari pertumbuhan jamur di mulut.

Batasi asupan gula dan makanan mengandung ragi
Untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan dan mendorong pertumbuhan jamur, hindari gula serta makanan yang mengandung ragi seperti roti/kue atau minuman farmentasi.

Tips untuk mengobati sariawan merupakan cara yang paling aman dan efektif untuk mengobati sariawan tanpa efek samping. Agar terhindar dari penyakit sariawan, jagalah kebersihan mulut anda dengan baik dan benar. Dan juga cukupkan asupan Vitamin C dan Vitamin B untuk tubuh anda yang bisa di dapatkan dari multivitamin juga buah dan sayuran. Semoga ulasan obat sariawan di lidah yang efektif dan manjur ini bisa membantu anda yang sedang mengalami sariawan di mulutnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Obat sariawan di lidah yang manjur dan efektif"

Post a Comment