Pencegahan penyakit jantung koroner

Penyakit jantung koroner (PJK) merupakan penyakit berbahaya yang bisa merenggut nyawa manusia. Penyakit ini masih menjadi salah satu penyakit pembunuh nomer satu di dunia. Oleh karena itu, sebelum terserang penyakit yang mematikan ini, ada baiknya kita ambil tindakan terlebih dahulu guna menghindarinya.

Hal dan tindakan yang haru kita ambil guna mencegah penyakit jantung koroner yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat. Karena segala hal yang kita lakukan, akan dapat memicu penyakit yang berbahaya. Pola serta gaya hidup seseorang akan dapat mempengaruhi  kesehatan, bahkan penyakit yang sewaktu-waktu dapat anda alami.

Pencegahan penyakit jantung koroner

Untuk dapat menerapkan sebagian pola hidup sehat agar kita terhindar dari penyakit jantung koroner, beberapa langkah yang harus anda lakukan untuk pencegahan penyakit tersebut yaitu dengan cara-cara berikut ini:

Hindari rokok dan asap rokok
Merokok merupakan salah satu hal yang paling berbahaya yang banyak dilakukan dan dijalani oleh banyak orang sebagai suatu gaya hidup. Satu dari enam kematian di Amerika Serikat menyebutkan, di akibatkan karena gaya hidup merokok. Banyak sekali penyakit yang dapat ditimbulkan oleh penggunaan tembakau, termasuk rentan terhadap penyakit jantung termasuk penyakit jantung koroner.

Hindari alkohol
Salah satu bagian dari pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit jantung koroner yaitu dengan menghindari minum minuman beralkohol. Selain itu, terlalu banyak mengkonsumsi alkohol juga sangat rentan terhadap penyakit kanker, baik kanker kerongkongan maupun kanker hati. Di samping beberapa penyakit yang bisa timbul, alkohol juga merupakan penyumbang terbanyak dalam kasus kecelakaan, seperti kecelakaan mobil maupun kecelakaan kendaraan bermotor.

Menjaga pola makan
Pola makan yang tidak teratur dan tidak sehat bisa menyebabkan penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, stroke dan merusak pembuluh erteri yang menyuplai darah ke seluruh bagian tubuh. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat seperti buah dan sayur-sayuran akan dapat membantu mengurangi resiko terkena beberapa penyakit berbahaya. Selain itu perbanyaklah makanan yang mengandung kalsium untuk memperkuat tulang.

Kurangi berat badan
Kebanyakan penduduk Amerika serikat mengalami masalah kesehatan yang di sebabkan oleh berat badan berlebih (overweigh). Berat badan yang berlebih, akan beresiko terkena beberapa macam penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi atau hipertensi, penyakit kanker, kolesterol tinggi, penyakit kandung empedu, artritis pada persendian, dan sebagainya. Agar berat badan selalu ideal dalam batas normal, lakukan diet tinggi serat serta lakukan olah raga secara rutin dan teratur.

Olah raga secara teratur
Dengan melakukan olah raga yang rutin dan teratur, akan dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, osteoporosis, depresei serta penyakit dan gangguan kesehatan lainnya. Dengan melakukan olah raga rutin dan teratur, badan akan terasa bugar dan juga dapat menjaga berat badan kita agar tetap terkontrol. Untuk melakukan olah raga, sebaiknya lakukan secara teratur 4-6 kali dalam seminggu dengan durasi setiap latihan antara 30-60 menit.

Kendalikan kolesterol tinggi
Apabila kadar kolesterol dalam darah anda tinggi, segera turunkan sesegera mungkin dengan cara melakukan pola makan yang benar dengan mengurangi makanan yang banyak mengandung lemak, serta lakukan olah raga secara teratur. Apabila di perlukan, segera ke dokter guna melakukan pengobatan untuk mendapatkan beberapa obat penurun kolesterol.

Kontrol tekanan darah anda
Tekanan darah tinggi merupakan salah satu pemicu terkena penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal. Untuk mengontrol tekanan darah tinggi, yang perlu anda lakukan adalah dengan melakukan olah raga secara teratur, mengurangi konsumsi sodium dalam makanan anda, hindari rokok serta konsumsi obat penurun tekanan darah tinggi sesuai dengan anjuran dokter.

Lakukan screening
Screening kesehatan merupakan hal penting dalam menganalisa fisik tahunan untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan tubuh kita. Pada proses screening kesehatan, setiap orang akan mendapatkan pemeriksaan serta uji kesehatan yang berbeda sesuai dengan kondisi tubuh masing-masing individu. Di sana anda bisa konsultasikan tentang faktor-faktor resiko yang terdapat pada tubuh anda yang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan serta penyakit yang bisa saja timbul.


Dengan melakukan beberapa langkah di atas, kita bisa menghindari penyakit jantung koroner yang bisa menyerang siapa saja. Langkah yang paling ampuh agar terhindar dari penyakit jantung koroner yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat. Dengan pola hidup sehat, bukan saja terhindar dari penyakit jantung, namun juga penyakit berbahaya lainnya yang bisa saja menyerang anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pencegahan penyakit jantung koroner"

Post a Comment