Apa itu penyakit jantung koroner?

Penyakit jantung koroner merupakan penyakit jantung yang disebabkan rusaknya dinding pembuluh darah yang disebabkan oleh beberapa faktor radikal bebas, baik yang terkandung didalam rokok atau polusi, hipertensi, diabetes, maupun kolesterol yang tinggi. Kolesterol yang menumpuk di dinding pembuluh darah akan dapat mengakibatkan penyempitan sehingga mengakibatkan aliran darah akan tersumbat. Akibat dari itu, fungsi jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh jaringan tubuh. Dengan semakin lamanya waktu, arteri-arteri koroner akan semakin menyempit dan mengeras, atau yang biasa di sebut dengan aterosklerosis.

Apa itu penyakit jantung koroner?

Selain faktor kolesterol tinggi, salah satu penyebab penyakit jantung koroner yaitu radikal bebas. Radikal bebas merupakan ion molekul tanpa pasangan yang mengikat molekul lain sehingga mengakibatkan molekul ini menjadi rusak dan berubah sifat. Contohnya saja, sel-sel pembuluh darah akan mati dan pembuluh darah jadi menyempit. Sel-sel yang dapat merubah sifat salah satunya yaitu sel-sel kanker. Adapun sumber radikal bebas yaitu asap rokok, polusi udara, polusi kimiawi, polusi elektromagnetik dan polusi dari tubuh sendiri.

Faktor lain yang dapat menjadi pemicu penyakit jantung koroner yaitu obesitas, dan juga dari gen keturunan. Apabila didalam keluarga ada riwayat penyakit jantung koroner, maka akan cenderung lebih beresiko. Namun pada dasarnya, penyakit jantung koroner disebabkan oleh kelainan metabolisme.

Sebagai upaya pencegahan penyakit jantung koroner, kita harus menerapkan pola hidup sehat dengan tidak menghisap rokok, tidak minum alkohol, makan makanan bergizi dan berserat, serta rajin melakukan olah raga secara teratur.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa itu penyakit jantung koroner?"

Post a Comment