Kenali ciri-ciri kanker sebelum terlambat

Saat ini pengobatan terbaik untuk penyakit kanker ialah dengan melakukan pencegahan dengan menghindari faktor-faktor yang menjadi penyebab penyakit kanker serta pendeteksian dini penyakit ini. Apabila penyakit kanker bisa terdeteksi dini, maka akan semakin besar juga kemungkinan untuk keberhasilan dalam penanganan penyakit kanker.

Salah satu usaha untuk mendeteksi secara dini yaitu dengan cara mengenali ciri-ciri gejala awal penyakit kanker. Bagi sebagian orang awan, mendeteksi penyakit kanker tergolong sulit karena tanda-tandanya menyerupai penyakit biasa. Oleh karena itulah, kenali ciri-ciri kanker sebelum terlambat agar kita lebih jeli untuk membedakan mana tanda awal penyakit kanker atau hanya penyakit biasa sehingga akan lebih cepat untuk melakukan penanganan. 

Kenali ciri-ciri kanker sebelum terlambat

Ciri-ciri atau tanda gejala kanker secara umum


Muncul benjolan di bagian tubuh

Walaupun semua benjolan yang tumbuh dalam tubuh belum tentu mengarah ke kanker ganas, namun apabila dalam tubuh anda muncul benjolan di bagian tubuh secara tiba-tiba, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Terlebih lagi apabila benjolan tersebut membesar dengan cepat, tidak terbatas tegas dan merasakan nyeri atau tidak bisa di gerakan.


Kenali dari suara atau batuk

Berhati-hatilah apabila anda mengalami batuk yang kronis dan di sertai dengan suara yang serak. Apabila batuk tersebut di obati tidak kunjung sembuh, bisa jadi itu di akibatkan gejala kanker paru, kanker laring ataupun kelenjar getah bening. Apabila anda mengalami seperti ini, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.


Perubahan BAB

Adapun indikasi awal lainya yang bisa kita lihat untuk mendetwksi awal penyakit kanker yaitu dengan memperhatikan perubahan BAB. Perubahan BAB sendiri bisa bermacam-macam, bisa karena sulit BAB, Diare, BAB berdarah dan lain sebagainya. Pada perubahan BAB tersebut bisa di lihat adanya frekuensi, jumlah serta konsistensi frases yang diakibatkan oleh apa yang sedang kita kosumsi dan obat yang sedang di konsumsi. Namun apabila ada perubahan BAB yang sering dan berulang-ulang, maka sebaiknya segera periksakan diri anda ke dokter.

Adanya perubahan BAK

Pada umumnya infeksi saluran kemih terjadi pada wanita. Adapun infeksi pada saluran kemih bisa kita kenali pada saat kita BAK. Apabila dalam urin terdapat darah atau pada BAK tidak ada lampias, bisa jadi itu merupakan infeksi saluran kemih. Akan tetapi selain disebabkan infeksi saluran kemih, tanda-tanda tersebut juga bisa merupakan tanda dari adanya kanker kandung kemih, kanker prostat atau ginjal.

Rasa nyeri pada bagian tubuh

Rasa nyeri merupakan salah satu tanda yang dikirim kan tubuh apabila terdapat masalah di dalam tubuh. Rasa nyeri bisa disebabkan oleh beberapa hal dan lokasi tubuh. Namun apabila rasa nyeri pada tubuh sudah menyebar, anda patut mewaspadainya sebagai gejala awal kanker. Berdasarkan American Cancer Society, nyeri yang di alami oleh seseorang penderita kanker umumnya tidak spesifik pada anggota tubuh tertentu dan biasanya menyebar.


Menurunnya berat badan

Masih menurut American Cancer Society yang menyebutkan bahwa, seseorang yang mengalami penurunan berat badan secara drastis dan tiba-tiba, bisa jadi merupakan gejala awal dari penyakit kanker. Ini merupakan gejala awal pada kanker pankreas, kanker lambung, kanker paru-paru hingga esofagus.

Mengalami pendarahan

Apabila seseorang mengalami batuk yang disertai dengan darah, bisa jadi ini merupakan gejala kanker paru.  Sedangkan darah yang ada pada BAB, bisa jadi merupakan gejala kanker usus besar. Sedangkan pada wanita, apabila ada pendarahan pada vagina, bisa jadi tanda dari kanker serviks. Pendarahan yang terjadi semacam itu dan tidak biasa tidak selalu merupakan gejala kanker.

Nah, apabila ada keluarga anda atau anda yang mengalami hal-hal tersebut dan tidak kunjung sembuh walaupun sudah di obati, segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk melakukan pemeriksaan dan mengobati penyakit kanker yang di derita.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenali ciri-ciri kanker sebelum terlambat"

Post a Comment