Manfaat cokelat bagi kesehatan ibu hamil dan janin

Manfaat cokelat bagi kesehatan ibu hamil dan janin - Cokelat merupakan makanan cemilan yang enak dan lezat sehingga banyak di sukai banyak orang. Namun ternyata selain sebagai cemilan, ternyata Apakah juga mengandung banyak manfaat salah satunya untuk kesehatan ibu hamil. Bagi ibu yang sedang hamil mengkonsumsi coklat dapat menyelamatkan kesehatan ibu hamil serta janin sebab coklat dapat menurunkan resiko keracunan kehamilan yang cukup baik yaitu mencapai sekitar 65%.

Manfaat cokelat bagi kesehatan ibu hamil dan janin

Salah satu gangguan kehamilan yang yang sering terjadi yaitu keracunan kehamilan atau preeklamsia yang dapat menyebabkan kematian bagi para ibu hamil dan janin-nya. Wanita yang sedang hamil ditandai dengan tingginya tekanan darah pembengkakan di beberapa bagian tubuh serta yang lainnya reklamasi atau keracunan kehamilan juga sangat beresiko menghambat pertumbuhan janin bahkan menyebabkan janin bisa lahir prematur. Hingga sampai saat ini penyebab keracunan kehamilan belum diketahui secara pasti.


Dengan mengkonsumsi cokelat sebagai cemilan ibu hamil dapat menurunkan resiko keracunan kehamilan/preeklamsi. Manfaat cokelat ini telah di buktikan oleh tim dari Yale Center For Parinatal, Pedriatic anda Environmental Epidemiology, Universitas Yale Amerika serikat.

Dalam survei yang telah di lakukan kepada 2000 ibu hamil yang mereka di tanya berapa banyak cokelat yang di konsumsi pada trimester pertama dan ketiga pada saat sedang hamil. Kemudian para peneliti memeriksa kadar thebromine (kadar zat kimia dalam cokelat) pada plasenta bayi yang baru lahir. Dan hasilnya, ibu hamil yang mengkonsumsi cokelat sebanyak lima kali atau lebih setiap minggu pada trimester pertama, hampir 20% beresiko lebih rendah mengalami preeklamsia di bandingkan dengan ibu hamil yang memakan satu batang per-minggunya. Demikian juga pada ibu hamil yang mengkonsumsi cokelat lima batang atau lebih pada tiap minggunya pada trimester ketiga tidak mengalami preeklamsia sebanyak 40%.

Penurunan resiko ini lebih besar presentasenya di bandingkan dengan ibu hamil yang hanya mengkonsumsi satu batang cokelat per-minggunya pada trimester ketiga. Elizabeth Trice sebagai ketua tim peneliti menyimpulkan bahwa hal itu terjadi karena thebromine telah meningkatkan sirkulasi darah dalam plasenta dengan memblok zat kimia yang di sebabkan oleh stress.

Selain itu, theobromine yang terdapat dalam cokelat juga dapat menstimulasi jantung serta merelaksasi otot-otot jantung dan memperbesar pembuluh darah ibu hamil. Jadi kesimpulannya ibu dengan kadar teobromin yang tinggi dapat menghadapi resiko preklamsia yang lebih rendah hingga hampir 70% nya dibandingkan dengan ibu hamil yang mengonsumsi sedikit cokelat.

Meski begitu, tentunya membutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai seberapa banyak kebutuhan cokelat dan tipe cokelat mana yang paling memberikan keuntungan. Namun penelitian ini tidak dimaksudkan agar setiap wanita hamil memakan coklat sebanyak-banyaknya.

Selain bermanfaat untuk ibu hamil coklat juga bermanfaat untuk janin yang dikandungnya. Para peneliti dari University Laval Quebec City, Canada mengatakan bahwa kadar flavonoid yang terdapat pada coklat dapat meningkatkan pertumbuhan janin dan membuat plasenta lebih efisien.

Lalu seberapa banyak ibu hamil boleh mengkonsumsi coklat pada masa kehamilan?. Dalam hal ini tidak ada anjuran gizi yang pasti. Namun demikian memakan coklat dua sampai tiga kali dalam seminggu atau meminum susu coklat setiap hari kiranya dapat diterima. oleh karena itu konsumsilah coklat dalam takaran yang wajar dan secukupnya setidaknya 1 ons per hari karena sudah cukup mengandung 150 kalori. Selain itu juga kombinasikan dengan buah-buahan serta kacang-kacangan untuk mendapatkan kandungan lemak baik dan antioksidan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat cokelat bagi kesehatan ibu hamil dan janin"

Post a Comment