Tips memperlancar ASI dengan pijatan

Bagi anda kaum ibu yang saat ini sedang menyusui bayinya dan merasa produksi ASI anda menurun, anda jangan terlalu kuatir dengan masalah ini. Untuk memperlancar produksi ASI anda terdapat beberapa cara untuk meningkatkan produksi ASI yang bisa anda lakukan. Salah satunya yaitu dengan melakukan pijatan pada payudara untuk memperlancar keluarnya ASI.

Tips memperlancar ASI secara alami

Pijatan pada payudara secara rutin akan dapat meningkatkan kadar prolaktin sehingga akan dapat memperlancar keluarnya ASI. Prolaktin yaitu hormon yang perperan penting dalam perkembangan payudara selama masa kehamilan dan menyusui. Peningkatan kadar prolaktin dalam tubuh, maka produksi ASI anda juga akan ikut bertambah.

Manfaat pijatan payudara selain dapat meningkatkan kadar prolaktin juga bisa menambah manfaat lain bagi kesehatan anda. Dengan melakukan pijatan yang benar, anda bisa merasakan manfaat yang di dapatkan di antaranya:
  • Dapat membantu membersihkan saluran air susu pada payudara, sehingga air susu akan keluar lebih lancar, serta mempercepat pengosongan payudara dengan cepat. Sehingga, akan memacu produksi air susu akan lebih banyak.
  • Pijatan payudara juga akan memperlancar sirkulasi pembuluh darah getah bening serta pembuluh darah di area seputar payudara anda.
  • Pijatan yang benar akan mencegah terjadinya penyumbatan air susu pada payudara.

Sedangkan cara untuk pemijatan yang bisa di lakukan sendiri secara rutin, anda bisa mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Untuk melakukan pemijatan, terlebih dahulu anda oleskan minyak pada kedua telapak tangan. Minyak yang bisa di pakai untuk pemijatan yaitu minyak zaitun ayau baby oil.
  2. Angkat serta sangga payudara kanan anda menggunakan tangan kanan, lalu pijatlah dengan menggunakan tiga jari tangan kiri anda dengan gerakan memutat seperti spiral, di mulai dari pangkal payudara menuju areola. Demikian juga pada payudara sebelah kiri, anda harus melakukan hal yang sama. Lakukan gerakan memijit secara perlahan sebanyak 30 kali pada masing-masing payudara kanan dan kiri.
  3. Letakan lima jari anda dengan sedikit di renggangkan pada pangkal payudara kanan anda, pijitlah dengan gerakan memutar sambil menekan payudara dimulai dari pangkal hingga ke daerah areola. Lanjutkan gerakan tadi mulai dari arah samping dada, hingga ke daerah areola.
  4. Lakukan pemijatan dengan gerakan kupu-kupu dengan kedua tangan mulai dari pangkal pada kedua payudara dengan arah memijat ke atas sambil mengangkat payudara, lalu turunkan secara perlahan secara bersama-sama.
  5. Letakan ibu jari tangan kiri dan kanan pada sekitar areola. Letakan ibu jari kiri di atas areola dan jari kanan di bawah areola payudara. Tekan dengan menggunakan kedua ibu jari secara perlahan ke arah dada, lalu gerakan ibu jari serta jari tangan dengan gerakan memutar. 
  6. Setelah melakukan pemijatan, kompres payudara menggunakan air hangat dengan menggunakan handuk kecil, atau kain lembut.


Untuk memperlancar keluarnya ASI dan menghindari pembengkakan pada payudara, lakukan pemijatan secara rutin minimal 2 minggu sekali. Untuk pemijatan sendiri akan lebih baik jika di lakukan sebelum mandi. Dengan melakukannya rutin, maka ASI untuk bayi anda akan semakin lancar dan semakin banyak. Apabila anda sudah melakukan semua cara di atas namun masih ada keluhan dengan ASI anda, segera konsultasikan dengan dokter anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips memperlancar ASI dengan pijatan"

Post a Comment