Merawat kulit wajah agar tetap sehat dan cantik

Kulit merupakan bagian tubuh yang banyak orang rawat agar senantiasa halus lembut dan juga terjaga kesehatanya. Agar memiliki kulit yang di inginkan, banyak orang yang melakukan berbagai macam perawatan demi mendapatkan kulit wajah maupun tubuhnya agar tetap cantik dan sehat
Untuk menjaga agar kulit wajah tetap cantik dan sehat, tidak harus dengan perawatan wajah khusus dengan biaya yang mahal. Terkecuali apabila kulit wajah kita memang butuh penanganan yang serius karena mengalami kerusakan yang memang butuh penanganan dari ahli kulit untuk merawatnya. Namun apabila kulit kita cenderung masih normal, dengan merawatnya sendiri maka kulit kita pun akan menjadi tetap cantik dan lembut. 

Merawat kulit wajah agar tetap sehat dan cantik

Perlu di ketahui, untuk merawat kulit kita harus mengetahui jenis kulit yang kita miliki. Karena beda jenis kulit, maka akan berbeda pula cara perawatannya. Untuk itu, kami akan berikan sedikit tips untuk merawat kulit wajah sesuai dengan jenis kulit yang perlu anda ketahui, untuk menjaga kulit agar tetap sehat.
Secara umum untuk merawat dan menjaga kulit, baik jenis kulit kering, kulit normal, dan kulit berminyak, kulit usia muda, maupun kulit usia setengah baya, yang harus kita lakukan adalah:

Mencuci tangan yang bersih sebelum menyentuh wajah
Untuk menjaga kebersihan dan terhindar dari kuman yang bisa menimbulkan jerawat, hindari menyentuh kulit wajah di saat tangan kita kotor dan tidak steril. Sebagian dari kita bahwa bakteri banyak menempel pada tangan. Oleh karena itu cucilah tangan terlebih dahulu sebelum anda menyentuh wajah.

Lakukan pembersihan wajah pada malam hari


Setelah melakukan aktivitas seharian baik di dalam maupun luar ruangan, tanpa kita sadari kulit kita juga terpapar oleh banyaknya bakteri dan kuman. Oleh karena itu, kita perlu melakukan pembersihan wajah setiap malam menjelang tidur secara rutin. Demikian untuk pagi hari, kita wajib melakukan pembersihan untuk membersihkan kulit dari lemak yang keluar dari dalam tubuh pada saat kita tidur.

Pemijatan kulit


Luangkan waktu sedikit untuk memijat kulit pada malam hari guna menstimulasi sirkulasi pertukaran sel-sel pada kulit. Lakukan pemijatan secara halus pada kulit wajah anda menggunakan cairan penyegar untuk memberi efek relaksasi pada kulit anda setelah lelah seharian beraktivitas.

Sedangkan untuk perawatan kulit menurut jenis kulit adalah sebagai berikut:

Kulit kering
  • Bagi yang memiliki jenis kulit kering, anda harus mwngubah produk perawatan kulit menyesuaikan musim, iklim, maupun gaya hidup seperti pada lingkungan ber-AC dan lingkungan alam terbuka.
  • Setelah dirasa tanda penuaan pada kulit wajah anda muncul,, terutama daerah sekitaran mata, segera gunakan produk anti-aging.
  • Hindari mandi menggunakan air panas, serta gunakan bath oil.

Jenis kulit sensitif
  • Sebelum anda menggunakan produk perawatan, hangatkan terlebih dahulu menggunakan genggaman tangan. Dan lakukan perawatan tanpa menggosok-gosok kulit anda.
  • Akan lebih baik jika menggunakan jari-jari anda dibandingkan dengan menggunakan kain, wol, atau tisu.
  • Pada saat membasuh muka, baiknya menggunakan penyemrot air. Dan jangan membasuh muka secara langsung melalui kran air.

Kulit usia lanjut
  • Pilihlah produk perawatan kulit (anti-aging) yang sesuai dengan konsisi kulit, kebutuhan, dan musim.
  • Untuk daerah leher, mata, dan tangan anda akan bisa mengurangi keindahan pada penampilan anda. Jadi imbangi daerah tersebut dengan perhatian khusus.
  • Pada setiap pagi, gunakanlah produk kecantikan yang sesuai dengan kulit anda, yang bisa melembutkan kulit anda.
  • Hindari paparan sinar matahari langsung dan terlalu lama yang bisa menyebabkan kulit keriput dan noda hitam di wajah.

Untuk kulit berminyak
  • Lindungi kulit wajah dari sinar matahari langsung, serta penimbunan minyak di kulit wajah agar kotoran tidak mudah menempel.
  • Hindari memencet jerawat atau komedo di wajah anda untuk menghindari iritasi dan kuman yang justru bisa memperparahnya.
  • Lakukan perawatan wajah dengan peeling sekali hingga tiga kali dalam seminggu.

Dengan memahami jenis kulit yang anda miliki, anda dapat melakukan perawatan wajah anda sendiri dengan mengikuti apa yang sudah kami jelaskan di atas, agar anda selalu memiliki kulit wajah yang, tetap awet muda dan tetap cantik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Merawat kulit wajah agar tetap sehat dan cantik"

Post a Comment