Rahasia cantik merawat kulit berminyak

Rahasia cantik merawat kulit berminyak


Cara untuk menjaga kulit wajah yang banyak di lakukan oleh kaum wanita biasanya dengan memberikan pelembab. Namun perlu diperhatikan penggunaan pelembab yang anda pakai itu tepat, sehingga tidak akan menimbulkan masalah bagi kulit anda. Agar kesehatan dan kecantikan wajah anda terjaga dengan baik, anda harus menggunakan pelembab yang cocok untuk jenis kulit anda, terlebih lagi apabila anda memiliki jenis kulit wajah berminyak.

Walaupun wajah anda jenis kulit berminyak, bukan berarti tidak perlu menggunakan pelembab karena sudah terlihat lembab yang di sebabkan minyak. Namun pada faktanya, penggunaan pelembab yang cocok dengan jenis kulit wajah anda yang berminyak, akan dapat mengurangi produksi minyak berlebih dan juga akan memberikan tekstur kulit wajah tetap cantik.

Rahasia cantik merawat kulit berminyak


Penyebab kulit berminyak

Jenis kulit berminyak di sebabkan oleh aktivitaa kelenjar minyak yang berlebih yang terkait dengan faktor hormonal. Seiring berjalannya waktu dan usia pada seseorang, produksi minyak juga akan menurun karena terjadi penurunan hormon yang di sebabkan oleh faktor usia. Namun yang perlu anda ketahui, bahwa minyak yang terbentuk di permukaan kulit tidak sebanding dengan tingkat hidrasi. Karena kulit minyak tidak selalu melembabkan kulit dan kulit berminyak jelas tidak membuat kulit akan menjadi halus atau kenyal. Bahkan apabila kita kurang merawat kulit berminyak, akan lebih rentan terkena jerawat. Karena jenis kulit berminyak, khususnya kulit wajah akan sangat mudah bagi kotoran atau debu menempel, sehingga pori-pori mudah tersumbat.

Jenis kulit berminyak juga butuh pelembab

Untuk mengatasi minyak berlebih pada wajah, biasanya seseorang akan lebih sering mencuci wajahnya. Namun mencuci wajah hanya akan menghilangkan minyak pada permukaan kulit saja, akan tetapi tidak dapat menghedrasi kulit, hingga terkadang akan menimbulkan masalah lain seperti kulit menjadi kering, dan justru produksi kelenjar minyak di bawah permukaan kulit menjadi berlebih. Oleh karena itu pelembab tetap di butuhkan untuk keseimbangan kulit kita. Apabila kulit kita kering, enzim tidak bisa bekerja dengan maksimal untuk membantu pengelupasan sel kulit mati hingga kulit akan terlihat kusam. Oleh sebab itulah alasan kenapa pelembab tetap di butuhkan untuk jenis kulit berminyak, sehingga kulit anda akan tetap halus, lembut, dan tetap cerah.


Pilih pelembab yang cocok

Walaupun kulit anda harus tetap menggunakan pelembab, namun harus di perhatikan bahwa anda tidak boleh menggunakan sembarang produk. Pemilihan pelembab untuk jenis kulit yang berminyak harus dilakukan secara hati-hati. Karena apabila anda salah memilih pelembab, bisa jadi justru kelenjar minyak akan semakin bertambah. Untuk itu telitilah terlebih dahulu sebelum anda membeli dan mengaplikasin pelembab tersebut ke wajah anda. Sebelum anda membelinya, ada baiknya anda lakukan beberapa hal sebagai berikut.


Bacalah label pada produk pelembab

Apabila anda ingin menggunakan pelembab untuk jenis kulit berminyak, pilihlah pelembab dengan oil free, yang tidak bersifat komedogenik. Pelembab dengan label oil free akan menjaga kulit dari hidrasi, tanpa menambah kadar minyak di permukaan kulit. Produk pelembab dengan non-comedogenic sudah teruji untuk jenis kulit berminyak dan wajah berjerawat. Untuk di aplikasikan pada wajah yang sedang berjerawat dan komedo, produk ini juga tidak akan menimbulkan masalah jerawat baru atau komedo lebih banyak.

Lihat kandungan dalam produk pelembab

Selain melihat label, perhatikan juga kandungan pada produk pelembab yang akan anda pakai. Anda harus mengetahui mana kandungan yang bisa membantu tampilkan kulit dan mana yang mungkin justru akan memperburuk keadaan kulit berminyak. Pelembab dengan bahan dasar air biasanya akan memiliki kandungan dengan tulisan akhiran -icone, misalnya silicone atau dimethicone. Kandungan dimethicone mampu melembabkan kulit dan sekaligus akan membuat tampilan kulit lebih matte. Selain itu, pelembab yang mengandung asam laktat, asam glikolat atau asam salisilat, akan membantu meningkatkan pergantian kulit sehingga kulit berminyak tidak akan nampak kusam. Untuk minyak alamiah, minyak jojoba, minyak alpukat dan minyak zaitun juga sangay baik untuk menghaluskan dan menghidrasi jenis kulit berminyak. Untuk pelembab yang memiliki kandungan cocoa butter atau parafin, baiknya anda hindari karena justru bisa menyumbat pori-pori.


Perhatikan tekstur pelembab

Berbagai produk pelembab pelembab memiliki beragam variasi tekstur dari yang paling ringan yaitu gel atau lotion hingga yang berat seperti krim. Untuk jenis kulit berminyak pilih pelembab dengan tekstur gel atau lotion, serta hindari pelembab dengan tekstur krim yang kental.

Tabir surya pangganti pelembab

Sebagai pilihan yang dapat digunakan untuk pelembab yaitu tabir surya pelembabnya untuk mencegah hidrasi kulit, sementara kandungan tabir suryanya berfungsi untuk melawan efek yang tidak baik terhadap sinar matahari, sehingga kulit akan tetap cerah dan terhindar dari penuaan dini. Perlu diperhatikan juga, tabir surya yang sesuai untuk kulit berminyak. Jangan sampai alih-alih ingin membuat kulit lebih sehat justru membuat kulit berjerawat, mengingat tekstur produk tabir surya yang terlalu kental dapat menyumbat pori-pori kulit.


Pola hidup sehat

Di samping penggunaan pelembab, nutrisi dari dalam tubuh juga tetap diperlukan. Oleh karena itu penuhi kebutuhan cairan dengan mengkonsumsi buah dan sayuran, serta berolah raga secara teratur akan dapat membantu menjaga keseimbangan tubuh secara keseluruhan. Dan untuk meningkatkan upaya menjaga kesehatan tubuh suplementasi makanan dapat diberikan sesuai dengan kebutuhan agar anda tetap memiliki kulit yang cantik dan sehat walaupun kulit anda jenis kulit berminyak.


Jadi apabila anda memiliki jenis kulit berminyak, rawatlah dengan cara memenuhi kebutuhan hidrasi kulit dari dalam dan luar. Selain penggunaan pelembab yang tepat serta menjaga kebersihan kulit, mmenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh juga sangat di perlukan guna menjaga hidrasi kulit. Dan apabila anda ragu dengan produk-produk kecantikan kulit, konsultasikan dengan dokter.

Di kutip dari tulisan dr. Melyawati Hermawan ( Dokter spesialis kulit & kelamin)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rahasia cantik merawat kulit berminyak"

Post a Comment