Hati-hati mengkonsumsi telur

Telur merupakan sumber makanan yang banyak manfaatnya untuk tubuh dan sangat di anjurkan untuk di konsumsi guna memenuhi kebutuhan gizi tubuh kita. Telur ayam mengandung kalori, protein, lemak, karbohidrat,  thiamin, vitamin A, juga vitamin C. Namun karena telur mengandung lemak yang tinggi, telur juga banyak mengandung kolesterol di bandingkan dengan makanan lain. Sehingga walaupun telur bermanfaat untuk kesehatan kita, pada sebagian orang tertentu mengkonsumsi telur juga harus di batasi.

Hati-hati mengkonsumsi telur

Demikian pada waktu kita akan mengkonsumsi telur ayam. Kita mungkin tidak pernah menyadari bahwa di dalam cangkang telur mengandung banyak bakteri terutama bakteri Salmonella sp. Bakteri yang menempel pada cangkang kulit telur ini bisa mencemari putih maupun kuning telur. Sehingga kita harus berhati-hatu dalam membeli telur dengan melihat cangkang serta mencucinya hingga bersih pada saat akan di rebus atau di masak lain.

Bakteri Salmonella sp sendiri bisa menyebabkan gangguan kesehatan di antaranya demam tifus dan juga demam paratifus. Gejala orang terkena bakteri salmonella biasanya akan mengalami demam, sembelit, sakit perut, mual, pusing, diare, juga lesu. Pada kasus yang lebih parah, bakteri ini juga bisa menyebabkan kematian pada seseorang. Sehingga sebelum mengolah telur sangat di anjurkan untuk membersihkan cangkang telur terlebih dahulu, dan juga memasaknya hingga benar-benar matang.

Telur-telur yang terkontaminasi bakteri biasanya terdapat pada telur yang busuk, karena telur yang busuk akan mempermudah perkembang biakan bakteri salmonella sp. Selain pada telur busuk, bakteri ini juga sering menempel pada telur yang berjamur. Karena kelembaban yang tinggi biasanya akan menjadikan telur berjamur. Dengan kondisi seperti itu akan mempermudah bakteri masuk ke dalam telur. Telur retak dan juga cangkang telur yang tidak bersih juga bisa menyebabkan telur terkontaminasi bakteri. Oleh karena itu pilihlah telur yang terlihat bersih dan tanpa kotoran di cangkangnya.

Jadi mulai sekarang, bagi yang kurang memperhatikan telur pada saat akan kita masak, harus terlebih dahulu kita cuci bersih untuk menghilangkan kotoran dan juga bakteri yang menempel. Dengan begitu,  telur yang kita konsumsi nantinya benar-benar menyehatkan untuk tubuh kita.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hati-hati mengkonsumsi telur"

Post a Comment